BANDAR SRI BEGAWAN — Prof.Zudan Arif Fakrulloh ditunjuk sebagai delegasi Pemerintah Republik Indonesia pada pertemuan 

 BIMP-EAGA Chief Ministers, Governors and Local

Government Forum (CMGLF),  di Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam, berlangsung dari 23-26 Oktober 2023

Pertemuan CMGLF merupakan forum kepala daerah se-kawasan Brunei, Indonesia, Malaysia dan Philipina East Asean Growth Area ( BIMP-EAGA) dengan tujuan untuk berbagi pengalaman dan diskusi tentang peluang investasi

serta menyepakati langkah-langkah untuk mengoptimalkan kemanfaatan kerja sama BIMP-EAGA dalam mendukung pembangunan ekonomi di daerah.

Kata Prof Zudan, pertemuan itu  membahas kepentingan bisnis antar empat negara, Indonesia-Brunei Darussalam, Malaysia, dan Filipina. 

Kehadiran Prof Zudan yang juga selaku PJ Gubernur Sulbar didampingi Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar. Forum yang juga melibatkan 18 provinsi itu membahas terkait arah pembangunan Indonesia dalam mengembangkan digital transformasi, blue and green ekonomi serta koridor ekonomi yang perlu dibangun dari Kalimantan-Sulawesi-Maluku-Papua.

“Termasuk berbagai pelatihan yang terkait tranformasi digital, SDM, dan penguatan pelayanan publik di 18 provinsi yang ikut di forum ini,” ucap Prof Zudan. 

Pj Gubernur Sulbar juga menyampaikan kesiapan Pelabuhan Tanjung Silopo Sulbar membuka pelayaran langsung ke Lahad Datu Malaysia. 

“Dan juga bagaimana produk coklat bisa kita kembangkan. Dan mereka sangat merespon ini,” kata Zudan.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar sangat bersyukur Sulbar terlibat dalam forum ini, serta berterima kasih melalui Prof Zudan selaku delegasi Indonesia memperkenalkan potensi Sulbar. 

Kata Ibrahim, banyak dari negara lain melirik potensi yang ada di Sulbar dan ini menjadi peluang kerja sama pembangunan ekonomi ke depan. 

“Saya selaku Bupati terima kasih kepada pak gubernur¬† dan mohon doa apa yang kita bicarakan hari ini bisa secepatnya terlakasana,” tandasnya. (Rls)

sumber : https://berita.sulbarprov.go.id/index.php/kegiatan/item/4578-pemerintah-ri-utus-prof-zudan-pj-gub-sulbar-sebagai-ketua-delegasi-bangun-kerjasama-investasi-antar-empat-negara-di-brunei